Akhirnya Hari Ini Tiba



Jarum jam semakin mendekati angka satu. Pancaran wajah-wajah tegang, panik, dan bahagia tergambar jelas di wajah kalian, kawan. Yeah. Hari ini telah tiba. Hari yang telah menyita banyak masa kita. Hari yang telah banyak membuat siang merampas malam kita. Hari yang telah merenggut ‘kebebasan’ kita. Hari yang aku tahu sangat kalian nantikan.

“Pintu sudah bisa dibuka.” Ucap seorang perempuan yang paling berpengaruh mengantar kita ke hari ini. Yeah. Kak Nana, begitu kerap kali ia disapa. Sesungguhnya masih banyak nama lagi yang turut berkontribusi membawa kita hingga sejauh ini. Tapi, kurasa sosok yang satu inilah yang sangat dan akan sangat diingat. Bukan begitu, kawan?

“Welcome to the 32nd anniversary of PERISAI with the theme ‘the enchanted journey of grandeur culture’ which presented by SCARECROW-2012.” Pantulan suara membahana memenuhi seisi ruang baruga. Lautan manusia pun tak kalah menyesaki seisi ruangan.



Sorot lampu mulai menari-nari ketika kue pertanda bertambahnya usia PERISAI muncul dari balik layar. Lagu Selamat ulang tahun milik Slank pun mulai mengalun. Rasa bahagia dan haru seketika menyelimutiku. Kurasa kalian pun demikian, kawan.



Doa disematkan oleh kawan kita, Adiawan. Artinya acara formal berakhir. Momen yang paling dinanti. King dan Tayo mulai beraksi dengan syair-syair puisinya. Bait-bait puisi yang sarat akan makna sosial.

Alur cerita mulai berjalan. Sang Pangeran sehari kita, William alias Budi menampakkan dirinya. Royal dance pun dimulai. Disusul dengan modern dance. Pencarian cinta sejati lalu membawa William berkelana ke negeri antah-berantah. Sebuah menara miring ia jumpai dalam perjalanannya. Roma menjadi kota pertama yang ia tuju. Ada permainan perkusi di sana yang menjadi salah satu ikon dari Negeri pizza itu. Lalu muncul sejumlah pria menari dengan lincahnya menyerupai apa yang acap kali disebut dengan boyband. Teriakan histeris dari arah penonton berdatangan.

Perjalanan pun dilanjutkan. Tampak sebuah menara yang serupa dengan wanita angkuh yang berdiri tegap dengan roknya yang melebar, tentu saja Eiffel yang menjadi kebanggaan Paris. Juga ada sebuah tarian di sini, stingo. Penolakan akan pencarian cinta sejati dimulai.

Negeri Sahrukh Khan menjadi tempat berikutnya William berpetualang. Tari India membuat para penonton heboh. Rupanya part ini yang paling dinanti. Penolakan pun berlanjut.
William melanjutkan langkahnya ke negeri selanjutnya. Ia tiba di negeri yang kaya akan budaya dan etnis. Tari Bugis, Makassar, Mandar, dan Toraja menjadi pertunjukan berikutnya. Sesosok gadis menarik perhatian William. Ialah Andi Tenri yang tidak lain diperankan oleh Monica. Restu dari orangtua Tenri menjadi rintangan dan tantangan bagi William. Tetapi kemudian William berhasil meluluhkan hati Alif, Ayah dari Tenri.

“William dan Tenri akhirnya hidup bahagia selamanya.” Narasi yang selalu menjadi penutup dari sebuah dongeng. Dengan dilafadzkannya kalimat tersebut, maka berakhirlah kisah William dan Tenri hari ini.

Semua anggota Scarecrow meramaikan stage. Lantunan lagu Nidji dengan judul Arti Sahabat menutup hari ini. Mengakhiri semua perjalanan panjang kita hingga tiba di hari ini. Rasa lega membalut hati. Tidak akan ada lagi kerempongan seperti hari-hari sebelumnya. Resmi dikukuhkan sebagai keluarga besar mahasiswa sastra Inggris menorehkan kebahagiaan tersendiri. Rasa haru juga turut menyertai. Tidak akan kita temui lagi hari-hari yang menyibukkan seperti kemarin. Tidak akan ada lagi latihan-latihan yang telah memupuk kebersamaan hingga melahirkan persaudaraan. Semua tidak akan sama lagi setelah hari ini. Rasanya ingin menitikkan air mata. Percayalah, aku akan merindukan hari-hari dimana kita berproses hingga hari ini. Aku menyayangi kalian Scarecrow.

Teruntuk Scarecrow dan PERISAI
yang telah memberikan banyak hal
               

Postingan populer dari blog ini

Aku Seorang Ambivert

eLPiDiPi Kali Kedua

Suamiku