Yuk, Selamatkan Bumi



Isu global warming atau pemanasan global sudah menjadi permasalahan pelik saat ini. Penyebabnya adalah ulah manusia sendiri. Dewasa ini penduduk di bumi bisa merasakan dampak dari pemanasan global yang kian hari kian mengkhawatirkan. Pemanasan global sendiri merupakan suatu masalah dimana bumi mengalami peningkatan suhu yang disebabkan oleh efek rumah kaca. Matahari yang harusnya bertugas menghangatkan bumi justru terpantul kembali dan terperangkap di atmosfer yang pada akhirnya membuat suhu di bumi semakin meningkat.

Ada beberapa hal yang membuat energi matahari terperangkap di bumi. Tindakan manusia merupakan penyumbang terbesar dalam peningkatan gas karbon yang menumpuk sehingga menyebabkan efek rumah kaca. Seperti penggunaan listrik yang tidak efisien atau terlalu boros, sumbangsih dari transportasi yang menghasilkan gas karbon, penggundulan hutan, dan masih banyak lagi tindakan yang berpengaruh dalam meningkatkan suhu di bumi.

Banyak hal sederhana yang bisa kita lakukan demi mejaga keberlangsungan bumi tapi manusia tidak serius dalam melakukannya. Padahal global warming adalah masalah yang serius. Contohnya saja menghemat listrik. Jika tidak digunakan, maka matikan. Dengan menghemat listrik maka akan mengurangi konsumsi energi listrik. Listrik memang memberi kontribusi yang cukup besar dalam kehidupan manusia. Hampir semua hal yang berhubungan dengan kita membutuhkan listrik sebagai sumber energi. Alangkah sangat mulianya kita jika menggunakan listrik seefisien mungkin.

Selain hemat listrik, hemat penggunaan kertas juga merupakan langkah kecil yang bisa kita tempuh untuk menyelamatkan hutan. Bayangkan betapa banyaknya pohon yang harus ditebang demi pembuatan kertas yang notabene merupakan penyumbang oksigen terbesar yang sangat dibutuhkan manusia dan juga dapat menyerap gas karbon buangan. Jadi, hutan memiliki peranan yang cukup besar untuk mengurangi efek rumah kaca.

Mungkin masih banyak di antara kita yang lebih senang mengendarai kendaraan pribadi dibanding kendaraan umum. Bisa dilihat fenomena macet yang sangat akrab di kota-kota besar di negeri ini. Tentu saja ini disebabkan karena semakin menjamurnya penggunaan kendaraan pribadi. Padahal betapa banyaknya karbon yang terbuang jika mengendarai kendaraan pribadi yang muatannya hanya mampu menampung sekitar empat penumpang saja dibanding dengan kendaraan umum yang muatannya bisa mencapai puluhan. Untuk itu, mulailah beralih pada kendaraan umum demi mengurangi volume kendaraan yang sangat padat dan mengurangi pembuangan emisi gas karbon.

Sebagai makhluk yang cerdas, tentu saja kita tidak boleh tinggal diam melihat kondisi bumi yang dari waktu ke waktu semakin memilukan. Dengan rusaknya bumi, maka tidak ada lagi tempat kita untuk berpijak. Untuk itu, sebelum bumi kita tercinta mengalami kerusakan yang semakin parah, mari selamatkan bumi karena bumi ini bukan warisan dari nenek moyang yang bisa seenaknya kita rusak, tapi bumi ini adalah pinjaman dari anak cucu kita yang sudah sepatutnya dikembalikan dalam kondisi yang baik.


Tulisan ini dalam rangka event #30DaysSaveEarth yang di selenggarakan oleh
@jungjawa dan @unidzalika

Postingan populer dari blog ini

Aku Seorang Ambivert

eLPiDiPi Kali Kedua

Super Tri